0822-1172-3377 kejari_tebo@yahoo.co.id

KITA INDONESIA KITA PANCASILA

KITA INDONESIA KITA PANCASILA

Kejaksaan Negeri Tebo memperingati Hari Kelahiran Pancasila dengan cara melakukan Upacara Bendera menyambut Hari Kelahiran Pancasila pada Hari Sabtu tanggal 01 Juni 2019 jam 08.00 Wib yang diikuti oleh seluruh karyawan, pejabat struktural dan tenaga honorer pada Kejaksaan Negeri Tebo dengan Inspektur Upacara Kepala Kejaksaan Negeri Tebo TEGUH SUHENDRO, SH.,MHum.

Dalam amanatnya, Kepala Kejaksaan Negeri Tebo TEGUH SUHENDRO, SH.,MHum. yang membacakan Sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), pada pokoknya menyampaikan hal –hal sebagai berikut :

Peringatan Hari Kelahiran pancasila Tahun 2019 saat ini menjadi lebih bermakna karena saat sekarang masyarakat Indonesia mengalami keterbelahan (polarisasi) yang sangat tajam karena perbedaan pilihan politik dalam pesta demokrasi langsung Pemilu Serentak 2019, bahkan sampai menimbulkan korban jiwa karena perbedaan tersebut. Sehingga semua pihak diharapkan kembali kepada jati diri bangsa Indonesia yaitu Pancasila sebagai dasar Negara dan pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Keberagaman / perbedaan merupakan karakteristik dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, karena secara geografis letak Indonesia yang berda di dua samudra yaitu samudra pasifik dan Hindia serta berada di dua benua yaitu benua Asia dan Australia. Kondisi geografis ini memunculkan perbedaan / keragaman baik dalam flora dan fauna, perbedaan etnis, bahasa, agama, ras, dan budaya serta social. Sehingga perbedaan dan keragaman sudah ada sejak jaman sebelum Indonesia merdeka sampai sekarang.

Paancasila sebagai Dasar Negara, Ideology Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia yang digali oleh para “Founding Fathers” (Pendiri bangsa) merupakan anugerah yang tiada tara untuk bangsa Indonesia dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Walaupun kita belum secara sempurna berhasil melaksanakan nilai nilai Pancasila, tetapi berkat Pancasila eksistensi ke-Indonesia-an kita sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan sampai saat sekarang dan mudah mudahan selamanya. Sehingga Pancasila sebagai sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan.

Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai nilai Pancasila harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dan diperjuangkan secara terus menuerus ditengah kondisi keberagaman baik kondisi geografis, flora dan fauna, hingga aspek anthropologis dan sosiologis masyarakat, sehingga terjalin dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Dalam konteks Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideology Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia maka memperingati dan merayakan hari Kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni mempunyai makna :

Pertama : kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai Dasar Negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai suatu bangsa yaitu Indonesia. Peringatan Hari Kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan “Piagam Jakarta”, oleh Panitia Kecil pada tanggal 22 Juni Dan Pengesahan Pancasila dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Juni 1945. Sehingga perdebatan terkait kelahiran Pancasila tidak diperlukan lagi, yang ddiperlukan saat ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan dan mengamankan nilai nilai Pancasila secara simultan dan terus menerus.

Kedua : dengan memperingati Hari kelahiran pancasila kita bangun kesadaran dan kebersamaan serta harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai “leitstars dinamis” (Bintang penuntun), mengandung visi dan misi Negara yang memberikan orientasi arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Sebagai energy positif bangsa, Pancasila harus terus memberikan harapan untuk masa depan khususnya dalam merealisasi visi dan misi Bangsa Indonesia.

Melalui Peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber Inspirasi Politik Harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan Pandangan Hidup yang dapat membawa kemajuan dan kenahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran Dan makmur dalam keadilam.

KITA INDONESIA, KITA PANCASILA,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *