0813-6889-3303 kejari_tebo@yahoo.co.id

PERINGATAN HARI KARTINI 2019 IAD WILAYAH JAMBI

Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Wilayah Jambi bersama sama dengan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Daerah Se Jambi menyelenggarakan peringatan Hari Kartini Tahun 2019 pada Kamis tanggal 25 April 2019 bertempat di Ruang Aula Hotel Grand Abadi Jambi. Acara Peringatan Hari Kartini 2019 berlangsung meriah dengan berbagai kegiatan dan lomba seperti : Lomba menghias kue thema Hari Kartini, Lomba Kebaya Kartini, Bazaar Sembako dan Pelatihan Publik Speaking. Semuaa kegiatan peringatan hari kartini 2019 dirangkai dalam satu thema : “Menggali Kepribadian Pahlawan Emansipasi Wanita R.A Kartini sebagai Komunikator yang Ulung”.

Thema tersebut masih relevan dalam rangka menyongsong Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan penggunaan internet di semua bidang. Revolusi Industri 4.0 membuat dunia pada saat sekarang memasuki era disruptive. Dalam era ini seorang Wanita dituntut untuk dapat berperan ganda dalam keluarga, yaitu sebagai Istrei / Ibu Rumah Tangga di tengah keluarga dan sebagai anggota masyarakat di lingkungan social atau pendamping suami di dalam lingkungan kerja. Pepatah mengatakan dibalik suami yang sukses terdapat seorang isteri yang hebat, artinya dukungan seorang isteri / wanita sangat menentukan sukses dari suami.

Komunikasi antara seorang Isteri dengan suami dan anak anak di rumah, komunikasi antara seorang Isteri / wanita di dalam lingkungan kerja suami dengan ibu ibu Ikatan Adhyaksa Dharamakarini baik pengurus maupun anggota merupakan kunci sukses untuk menjalankan peran ganda seorang Isteri / wanita. Tujuan komunikasi adalah menyampaikan pesan atau ide kepada public dengan metode yang sesuai sehingga public bisa memahami pesan atau ide yang disampaikan. Sehingga diperlukan kemampuan untuk berbicara dan menyampaikan pesan / ide di depan umum (Public speaking).

Ilmu Komunikasi mempelajari tentang tata cara berkomunikasi serta menggunakan berbagai alat komunikasi sebagai sarana komunikasi terhadap masyarakat. Komunikasi dapat dilakukan melalui lisan maupun dengan tulisan, sedangkan alat / media yang dapat digunakan untuk komunikasi meliputi surat, surat ekektonik, telephone rumah, telephone selular dan sebagainya. Dalam berkomunikasi setidak –tidaknya ada tiga elemen yaitu orang yang menyampaikan pesan, orang yang menerima pesan dan pesan itu sendiri. Agar isi pesan sama antara pemberi pesan dengan penerima pesan dalam komunikasi diperlukan ketrampilan berbicara untuk menyampaikan pesan di muka umum (public speaking).

Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) sebagai organisasi isteri Pegawai Kejaksaan, Pegawai Perempuan Kejaksaan, Isteri Pensiunan Pegawai Kejaksaan, Pensiunan Pegawai Perempuana Kejaksaan dan Janda Pegawai Kejaksaan merupakan mitra strategis bagi Aparatur Kejaksaan dalam meningkatkan kinerjanya. Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) menjadi jembatan komunikasi bagi Aparatur Kejaksaan di rumah, dikantor dan di masyarakat, sehingga diperlukan kemampuan untuk menyampaikan ide / pesan di depan umum (Public speaking) sehingga pesan yang akan disampaikan diterima /dimengerti dengan baik dan tidak bias.

Dalam sessi lomba, anggota Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Daerah Tebo yaitu RIZKY OKTAVIA mendapatkan Juara I untuk lomba Kebaya Kartini dan DIAN SEPTRIANA mendapatkan Juara II untuk lomba menghias kue tart dengan Thema Hari Kartini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *