RESTORATIVE JUSTICE KEJAKSAAN NEGERI TEBO

SHARE

Senin tanggal 11 Juli 2022 sekira pukul 15.30 Wib s/d selesai bertempat di Kantor Kejaksaan Negeri Tebo melaksanakan penyelesaian perkara tindak pidana umum berdasarkan keadilan Restoratif An. Syafril Als Aril Bin Maksum (Alm);

Kasus Posisi perkara tersebut adalah sebagai berikut :

Pada hari Selasa tanggal 03 Mei 2022 sekitar pukul 17.30 WIB bertempat di Jalan Lintas Tebo – Jambi tepatnya di depan makam Desa Sungai Aro Kec. Tebo Ilir Kab. Tebo telah terjadi tindak pidana “pencurian” sebagaimana dalam Pasal 362 KUHPidana yang dilakukan oleh Tersangka SYAFRIL Als ARIL Bin MAKSUM (Alm), perbuatan tersebut dilakukan Tersangka dengan cara berawal Tersangka yang dalam keadaan terdesak tidak memiliki biaya untuk pulang ke rumah Tersangka yang berada di Kabupaten Payakumbuh Prov. Sumatera Barat pergi ke taman untuk bertemu dengan teman Tersangka yang telah menjanjikan pekerjaan kepada Tersangka dengan mengendarai sepeda motor jenis beat warna putih No.Pol. BH 5484 CT milik kakak Tersangka yang bernama FAHRUL ROZI, karena tidak bertemu dengan teman Tersangka selanjutnya Tersangka pulang ke rumah kakak Tersangka yang beralamat di Dusun Embacang Gedang Kabupaten Tebo.

Dan kemudian dikarenakan cuaca sedang turun hujan Tersangka beristirahat dan berteduh di depan Toko Buah yang beralamat di Desa Sungai Aro Kec. Tebo Ilir Kab. Tebo lalu Tersangka melihat Korban YUYUN yang meletakkan Handphone merk realme 7i di dasboard / laci sepeda motor yang dikendarai oleh korban YUYUN yang berbncengan dengan Saksi DITA SUCIANI.

Selanjutnya Tersangka yang dalam keadaan terdesak mengikuti sepeda motor yang dikendarai oleh Korban YUYUN yang berboncengan dengan Saksi DITA dengan maksud untuk mengambil Handphone milik korban YUYUN yang berada di dashboard / laci sepeda motor yang dikendarai korban YUYUN yang berboncengan dengan saksi DITA, setelah Tersangka berhasil mendahului sepeda motor yang dikendarai oleh Korban YUYUN dan Saksi DITA dari sebelah kiri selanjutnya Tersangka dengan tangan kanan Tersangka mengambil Handphone yang berada di dashboard / laci sepeda motor yang dikendarai oleh YUYUN, setelah Hp tersebut berada di dalam kekuasaan Tersangka, mengetahui hal tersebut secara spontan Korban YUYUN menarik krah baju Tersangka sehingga sepeda motor yang dikendarai Tersangka dan sepeda motor yang dikendarai oleh Korban YUYUN dan DITA mengalami oleng dan kemudian terjatuh.

Bahwa maksud dan tujuan Tersangka mengambil 1 (satu) unit Hp merk realme 7i milik YUYUN tersebut untuk dijual dan kemudian hasil penjualan Hp tersebut untuk digunakan Tersangka pulang kerumah Tersangka yang berada di Kabupaten Payakumbuh Provinsi Sumatra Barat.

Sebelumnya dilakukan penyerahan tersangka dan barang bukti terhadap tersangka An. Syafril Als Aril Bin Maksum (Alm) yang disangka dengan Pasal 362 KUHP dari Polsek Tebo Ilir kepada Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Tebo pada tanggal 30 Juni 2022 dan dilakukan penahanan oleh Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Tebo yang dititipkan di Rutan Lapas Kelas IIb Muara Tebo;

Penyelesaian perkara berdasarkan keadilan restoratif tersangka tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil Proses Perdamaian antara tersangka dengan korban yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 30 Juni 2022 bertempat di Rumah Musyawarah Restoratif Justice Kejaksaan Negeri Tebo, yang dihadiri oleh para pihak (tersangka, korban, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat setempat dan Penyidik Polsek Tebo Ilir) dan dipimpin oleh Penuntut Umum selaku Fasilitator, dengan hasil :

1. Tersangka mengakui semua perbuatannya, serta menyesali perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulanginya kembali.

2. Tersangka melakukan perbuatan dikarenakan Tersangka tidak memiliki biaya untuk pulang kerumah Tersangka yang beralamat di Kabupaten Payakumbuh Provinsi Sumatra Barat, sehingga Tersangka terdesak untuk mencari biaya pulang.

3. Bahwa Tersangka telah menganti Hp milik korban YUYUN LESTARI Binti SUKARNO yang rusak karena terjatuh ketika diambil oleh Tersangka.

4. Bahwa YUYUN LESTARI Binti SUKARNO selaku korban bersedia memaafkan perbuatan Tersangka dan berharap permasalahan ini bisa diselesaikan secara kekeluargaan dan tidak dilanjutkan ketahap kepersidangan.

5. Bahwa alasan YUYUN telah memaafkan perbuatan Tersangka dikarenakan Tersangka telah mengganti kerugian yang diderita oleh YUYUN akibat perbuatan Tersangka. 

Atas dasar perdamaian tersebut Kejaksaan Negeri Tebo mengusulkan permintaan penghentian penuntutan berdasarkan Keadilan Restoratif An. Syafril Als Aril Bin Maksum (Alm) kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi lalu dilaksanakan ekspose perkara tersebut dihadapan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum pada hari Senin tanggal 11 Juli 2022 yang mana atas perkara tersebut forum ekspose menyepakati untuk dilakukan Penghentian Penuntutan berdasarkan Keadilan Restoratif karena memenuhi syarat-syarat sebagaimana diatur dalam PERJA nomor 15 tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan berdasarkan Keadilan Restoratif;

Terhadap tersangka dilakukan pengeluaran tahanan yang dilaksanakan oleh Jaksa Penuntut Umum Yoyok Adi Saputra, S.H.,M.H dan Jendro Hadi Wibowo, S.H berdasarkan Surat Perintah Pengeluaran Tahanan (T-8) dari Kepala Kejaksaan Negeri Tebo Nomor : PRINT- 534/L.5.17/Eoh.2/07/2022 tanggal 11 Juli 2022 yang disaksikan oleh Pihak Rutan Lapas Kelas IIb Muara Tebo. selanjutnya tersangka An. Syafril Als Aril Bin Maksum (Alm) dibawa ke Kantor Kejaksaan Negeri Tebo untuk dilakukan penyerahan Surat Penghentian Penuntutan yang diserakan langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Tebo Dinar Kripsiaji, S.H.,M.H kepada Syafril Als Aril Bin Maksum (Alm) yang disaksikan oleh pihak Korban, Sdr. Syafril Als Aril Bin Maksum (Alm) serta Kepala Desa tempat tinggal Sdr. Syafril Als Aril Bin Maksum (Alm).

Bahwa dengan berhasilnya Penyelesaian Perkara berdasarkan Keadilan Restoratif yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Tebo diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat Kabupaten Tebo terhadap penanganan perkara yang mengedepankan hati nurani oleh Kejaksaan Negeri Tebo;