0813-6889-3303 kejari_tebo@yahoo.co.id

Kepala Tindak Pidana Khusus

KEPALA SEKSI TINDAK PIDANA KHUSUS

EFAN APTUREDI, SH

Pria kelahiran Ulu Danau, Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan tanggal 17 April 1983 ini menyelesaikan jenjang pendidikan Dasar dan menengahnya diselesaikan di kota kelahirannya, yaitu  di SD Negeri 01 Ulu Danau, Kecamatan Pulau Beringin Lulus Tahun 1995 dan di SMP Negeri 2 Baturaja Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan  yang diselesaikan Tahun 1998. Ingin anaknya lebih maju dalam pendidikan akademik dan Agama  serta untuk melatih kemandirian, kedua orang tuanya  yang berprofesi sebagai Pendidik kemudian mengirimkan EFAN APTUREDI kecil jauh ke luar Sumatera Selatan melewati lautan  yaitu ke Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikan menengahnya di SMA Muhamadiyah 4 Yogyakarta yang dirampungkan pada Tahun 1998  dan pendidikan Tingginya di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta yang diselesaikan pada Tahun 2006 dengan Predikat Cum Laude (Indeks Prestasi Komulatif sebesar 3,63).

Selama menimba ilmu di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, pria berbintang Aries ini selain berprestasi dibidang akademis  juga aktif dalam kegiatan Kemahasiswaan baik di dalam maupun  luar kampus. Organisasi Intra Kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa yang diikuti  selama kuliah adalah  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dengan jabatan  Ketua Bidang jaringan Antar Perguruan Tinggi, sementara kegiatan Ekstra Kampus, pria penyuka Travelling ini aktif di organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)  Komisariat Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (UMY) dengan jabatan Ketua Bidang Pengkaderan.

Interaksi dengan masyarakat yang terpinggirkan  serta semangat  untuk menegakan keadilan dengan membela orang orang yang termarjinalkan secara hukum semasa kuliah dan sebagai aktivis mahasiswa di Yogyakarta, membuat suami dari IKE RAHMAWITA bercita cita untuk menjadi seorang Penegak Keadilan. Setelah menyelesaikan pendidikan formalnya, pria bergolongan darah A ini kemudian  magang di Kantor Advokat SUBANDI, SH di Palembang Sumatera Selatan untuk sebagai Asisten Advokat / Pengacara selama krang lebih 2 (dua) Tahun.

Setelah merasa cukup pengalaman selama menjadi Asisten Advokat / Pengacara  EFAN APTUREDI, SH.,  mencoba mewujudkan impiannnya sebagai seorang Aparat Penegak Keadilan dengan mengikuti seleksi CPNS Calon Jaksa Kejaksaan Agung RI untuk formasi Tahun 2008 dan diterima sebagai  CPNS Calon Jaksa Dan ditempatkan di Kejaksaan Negeri Simpang Empat, Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Impian menjadi Penegak Keadilan semakin terbuka lebar ketika Tahun 2012, Bapak dari NAJWAN AZHIM APTUREDI (laki laki, 7 Tahun),  SHAHFARAZ KEAN APTUREDI (laki-laki, 5 Tahun), ATHARIZ ASSAUQIE APTUREDI (laki-laki, 3 Tahun) dan NAYARA KEFANA APTUREDI (Perempuan, 1 Tahun) dilantik menjadi Jaksa Fungsional pada Kejaksaan Negeri Simpang Empat, Pasaman Barat, Sumatera Barat pada Tahun 2012 setelah sebelumnya mengikuti Pendidikan Pembentukan Jaksa (PPJ)  di Badan Pendidikan Dan Latihan (BADIKLAT) Kejaksaan Agung RI di Ragunan, Jakarta Timur Selama 6 (enam) bulan.
Selama menjalani profesi sebagai Jaksa Fungsional pada Kejaksaan Negeri Simpang Empat, Pasaman Barat,   pria dari suku semendo ini berhasil menyidik dan menuntut puluhan perkara Tindak Pidana Korupsi yang terjadi di kabupaten Pasaman Barat Dan mengantarkan sebagai juara II Penanganan Tindak Pidana Korupsi tingkat nasional pada Tahun 2013. Atas prestasinya kemudian pria yang biasa dipanggil EFAN oleh teman temannya dimutasi ke Kejaksaan Negeri Tanjung Pinang, Kepulauan Riau pada tahun 2014, setahun kemudian  tepatnya pada 10 Agustus 2015 mendapat promosi  menjadi Kepala Seksi Intelijen pada Kejaksaan Negeri Lingga di Dabo Singkep, Kepulauan Riau.

Selama menjadi Kepala Seksi Intelijen pada Kejaksaan Negeri   Lingga, Kepulauan Riau banyak perkara Tindak Pidana Korupsi yang diungkap dan disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi hasil penyelidikan intelijen dari  pria yang tinggal di Perumahan Mutiara Bintan di tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Selama menjalani Karir sebagai Jaksa, Pemilik Tinggi Badan 167 Centimeter Dan Berat 80 Kilogram ini., banyak melakukan penyelidikan dan penuntutan perkara tindak pidana Korupsi yang menarik perhatian masyarakat, antara lain :

  • Perkara Tindak Pidna Korupsi dalam Proyek Pengadaan Kapal pada dinas Perhubungan  Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat Tahun 2012, dengan kerugian Negara sebesar Rp 600.000.000.- dengan Terdakwa Kepala Dinas Perhubungan Pasaman Barat Tahun 2012, selaku PA/KPA, PPK, PPTK dan Rekanan / Kontraktor.
  • Perkara Tindak Pidana Korupsi Proyek Pembangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) pada Dinas Perikanan Dan Kelautan Tahun Anggaran 2013 dengan kerugian keuangan Negara sebesar Rp 900.000.000  dengan Terdakwa Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman Barat tahun 2013 selaku PA/KPA, PPK, PPTK, Konsultan Pengawas dan Rekanan / Kontraktor
  • Perkara Tindak Pidana Korupsi dalam kegiatan Perjalanan Dinas pada Sekretaris  DPRD Pasaman Barat Tahun Anggaran 2008 Dengan kerugian Negara sebesar Rp 1.000.000.000,00 (satu milyar rupiah)  dengan Terdakwa ASGUL (selaku Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Barat ) Tahun 2008.
  • Perkara Tindak Pidana Korupsi dalam Proyek Pengadaan Mobil Bupati Pasaman Barat Tahun Anggaran 2012  pada   Bagian Umum Sekretariat Daerah Pasaman Barat
    dengan Terdakwa Kabag Umum selaku KPA.
  • Perkara Tindak Pidana Korupsi  Dana Hibah Pemprov Kepulauan Riau kepada Komisi Pemilihan Umum Propinsi Kepulauan Riau Tahun Anggaran 2010 dengan kerugian Negara sebesar Rp. 500.000.000. dengan Terdakwa  Drs. SAID AGIL (Sekretaris KPU 2010) Dan NOVIAN ROFISA, SE (selaku Bendahara KPU 2010)

Niat EFAN APTUREDI, SH untuk mengembalikan marwah Kejaksaan melalui penanganan kualitas dan kuantitas penanganan perkara Tindak Pidana Korupsi di Kabupaten Tebo  agar kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan sudah diucapkan,  Tim jaksa, sarana dan prasarana sudah disiapkan, doa sudah dipanjatkan, harapan sudah digantungkan, mudah mudahan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan masyarakat pencari keadilan. Aamiin….