0813-6889-3303 kejari_tebo@yahoo.co.id

Seksi perdata dan TUN

KEPALA SEKSI PERDATA DAN TUN

HENDAR RASYID NASUTION, S.H.,M.H.

HENDAR RASYID NASUTION, S.H.,M.H., merupakan pria keturunan Batak kelahiran Semarang, 15 Juli 1984, menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengah atas secara berpindah-pindah mengikuti tempat kerja orang tua sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia. Penddikan Dasar diselesaikannya di SD Nusa Indah Ciputat, Tangerang Selatan pada Tahun 1996. Lain Sekolah Dasar lain Sekolah Menengah yang diselesaikannya di SMP Negeri 1 Bangkinang, Riau pada Tahun 1999 dan Sekolah Menengah Atas yang diselesaikannya di SMA Taruna Nusantara di Magelang Jawa Tengah pada Tahun 2002. Selesai menyelesaikan pendidikan tingkat Menengah Atas, pria yang  bertempat tinggal di Rumah Dinas Kejaksaan Negeri Tebo di Desa Baru, Kec. Tebo Tengah, Kabupaten Tebo ini melanjutkan pendidikan Strata I di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara dan lulus pada Tahun 2006.

Menjadi Aparat Penegak Hukum (Apgakum) adalah cita-cita sejak kecil yang ingin diwujudkan karena terinspirasi oleh orangtuanya yang juga berprofesi sebagai Polisi. Setelah mengantongi  gelar “SH” bapak 2 (dua) anak dari Fira Prihandini Nasution {5 (lima) tahun} dan Raisya Anindita Nasution {2 (dua) tahun} langsung melamar sebagai Calon Jaksa dan diterima pada Tahun 2007 dengan penempatan pertama sebagai  Staff Tata Usaha di bidang Produksi dan Sarana Intelijen pada Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.  3 (tiga) tahun kemudian tepatnya bulan September 2010 suami dari Nursyahfitri Lubis, S.E., dilantik sebagai Jaksa dan ditempatkan sebagai Jaksa Fungsional pada bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Singkawang Kalimantan Barat.

Selama 4 (empat) tahun melaksanakan tugas di Kejaksaan Negeri Singkawang, kemudian pada Tahun 2014 dipindahtugaskan sebagai Jaksa Fungsional pada cabang Kejaksaan Negeri Kota Agung di Talang Padang, namun dikarenakan pada saat itu bidang Tindak Pidana Khusus Kejari Singkawang hanya memiliki 1 (satu) Jaksa Fungsional, maka Surat Keputusan untuk menjalani tugas sebagai Jaksa Fungsional pada cabang Kejaksaan Negeri Kota Agung di Talang Padang dianulir dan dikukuhkan kembali menjadi Jaksa Fungsional di Kejari Singkawang. Kemudian pada bulan April 2016, pria yang akrab dipanggil Hendar atau Rasyid ini mendapat kepercayaan baru dari pimpinan sebagai Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara pada Kejaksaan Negeri Tebo, Provinsi Jambi.

Upaya untuk meningkatkan kualitas diri sebagai Jaksa maupun sebagai pemimpin terus dilakukan melalui pendidikan formal maupun  non formal seperti : melanjutkan kuliah Strata II (Magister Hukum) di Universitas Sumatera Utara, lulus pada Tahun 2010, Pendidikan dan Latihan Intelijen Dasar (Indas) di Badan Diklat Kejaksaan Agung RI di Ragunan pada Tahun 2013 dan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kepemimpinan Tingkat IV di Badan Diklat Manajemen dan Kepemimpinan (Mapim) Kejaksaan Agung di Ceger Jakarta Timur pada Tahun 2017.

Selama menjalani profesi sebagai Jaksa, penerima penghargaan Satya Lencana Karya Satya 10 tahun, berbagai perkara penting dan menarik perhatian masyarakat pernah ditanganinya, seperti :

  • - Perkara Pembunuhan sadis a.n. terdakwa Meldan Als. Dengdeng.
  • - Perkara Tindak Pidana Korupsi Dana MTQ, yang dilakukan oleh Kadis Pariwisata Kota Singkawang Hj. Lies Indari.
  • - Perkara Tindak Pidana Korupsi Program Pembaharuan Agraria Nasional, yang dilakukan oleh Ka BPN Kota Singkawang Drs. H Iswan.
  • - Perkara Tindak Pidana Pencucian Uang a.n. terdakwa Djong Sumantri, dalam perkara Program Pembaharuan Agraria Nasional.  

Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kab. Tebo, Provinsi Jambi Tahun 2017, di Mahkamah Konstitusi.